h1

Menjadi Pebilyar Handal

March 15, 2007

10.07 malam

Pernah dengar yang namanya LeBron James? Jika belum, maka pasti anda tau yang namanya bilyar. Tentu saja, pernyataan ini tidak bisa dibalik (Klo lo tau bilyar, lo blum tentu ga tau LeBron James kan…)

Nah, klo lo pikir maen bilyar itu susah, maka tahan dulu pikiran lo itu sebelum lo membaca beberapa tips dari gw, seorang pebilyar culun-beranjak-profesional. Sejujurnya, tips yang baik selalu disertai dengan contoh video ataupun gambar. Berhubung gw sadar bahwa koneksi internet di negara kita masih empotan, maka ga byk gambar maupun video yg bisa gw kasih.

Here we go:
1. Beli meja bilyar, beserta bola, dan stik. It will cost ur anus, but the effect will be everlasting.
Napa, ga mampu? Okeh, klo gitu lo sama kaya gw, hahaha. Ya, berdasarkan statistik, 68% dari pebilyar di Indonesia ga punya meja bilyar. Cukup pergi ke tempat2 bilyar ternama di kota lo. Ya ampun, masih ga mampu jg. Okehhh, cari tempat2 bilyar yg ga punya nama, ga punya plang. Tapi ingat, jgn protes klo stiknya dari sapu.

2. Ajak teman yang kemampuannya better than u. Kemampuan ini dapat digolongkan menjadi 2, skill dan finansial. Implikasinya, ajak teman yg jago dan tajir. Sangat tidak disarankan untuk mengajak yg cupu apalagi kere, bikin makan ati, wakakak.
Tapi, akan lebih baik lagi klo lo ngajak pemain bilyar kaliber dunia macam Aldo, Reyes, Immonen ato Souquet. Kebetulan sekali, pebilyar yg pertama disebut gw punya nomornya. Lo bisa kontak dia klo emang lo serius terjun menjadi pebilyar.

3. Dari cara lo masuk aja dah bisa ditebak lo jago ato cupu. Org yang jago masuk dgn penuh percaya diri, dada agak membusung, sorot mata tajam, sedikit melirik kiri kanan, lalu langsung memesan meja yang kosong.
[TK] : Org yang cupu?
Gampang saja. Masuk pintu dgn mulut penuh busa, badan agak membungkuk, sorot mata sayu, lidah keluar, liur menetes, dan tidak memesan meja sama sekali. Agak2 mirip emang dengan gejala2 rabies stadium dua.

4. Manner. Jaga sikap lo selama di tempat bilyar. Klo lo masukin bola, tolong bgt ya, jgn histeris apalagi ampe loncat2 menjerit2. Bukan apa-apa, konon salah satu simpanse di ragunan ada yg ilang. Ga asik kan klo lo mesti balik lagi ke sono.

5. Nah, sekarang gimana cara mukul bola yg benar? Untuk gampangnya, liatin temen lo yg jago. Ikuti posisi tangan dan badannya. Tatap dgn saksama bola putih, bola sasaran, dan lubang tentunya. Tundukkan badan sampe muka lo, stik, dan bola putih segaris. Tuh liat poto teman gw.

Tenangkan pikiran dan fokus. Bayangkan bola, stik yang panjang, dan lubang yang sempit.
[TK] : Stik panjang dan lubang yang sempit. Okeh, udah.
Nah, masukkan sugesti dalam pikiran lo tadi, lo mukul bola, bergulir, dan masuk lubang. Ploss.
[TK] : Bentar, bentar, lubangnya sempit betul ini. Sip, dah masuk.
Sip, sekarang eksekusi. Pukul bolanya. Semoga hasilnya sama kaya sugesti lo.
[TK] : Mmm, ini bayangan gw doang yg salah ato gimana? Kok stiknya yg masuk yak???
Ya, barangkali lo ga kuat megang stiknya. Genggamnya jgn tlalu keras jg. Rileks aja.

6. Pelajari posisi semua bola di meja. Mukul bola jgn yg penting bisa masuk, tapi pikirkan jg posisi bola putih agar mudah untuk memasukkan bola berikutnya. Tetapkan strategi, klo perlu sampai urutan masuknya bola lengkap dengan lubang masuknya.
[TK] : Stiknya perlu dimasukin jg ga?
Woi, otakmu itu, bego! Absurd…

7. Sering2 ikut turnamen. Turnamen bilyar. Yg kecil aja dulu, skala kelurahan misalnya.
[TK] : Di kelurahan gw adanya malah turnamen karambol.
Ato kadang2 ada tempat bilyar yg ngadain turnamen kecil2an. Boleh jg tuh. Semakin tinggi jam terbang lo, skill lo akan ikut meningkat.

8. Terakhir, jgn cepat puas apalagi sombong. Klo ga skill ga usah byk omong, yg jago jg ga usah byk gaya. Selalu ingat klo gw masih lebih skill daripada lo, maksud gw, di atas langit-langit masih ada langit.

17 comments

  1. Haha… kocak Do. Waktu di Cirebon krn ada kabel TV, sy lumayan sering ntn turnamen bilyar di Star Sports. Selain ngeliat permainannya, so pasti ngeliatin pemainnya juga. Immonen kakoiii… ^^


  2. @dibon : dibawa ke bdg aj bon kabelnya, TVnya mah ga usah😀
    Kakoi paan? Kaya ikan koi?


  3. [TK] : Stik panjang dan lubang yang sempit. Okeh, udah.

    jorok lu do…


  4. Boleh.. boleh.. Hehe.. Banyak teorinya do..
    Tapi kalo main bilyar, satu sih kuncinya: Pede! Hehehe..
    Lebih lengkap tanya Aqsa ‘Said’. Dia tau segala macem tentang biliar.😀


  5. Halah2… angka keramat dipake-pake..

    Boleh kali ajak temen yang cupu (tapi tajir). Yang kalah suruh bayar:D


  6. baru tau neeh

    test test:http://bimoseptyop.blogspot.com


  7. @dende: tukang komentarnya yg jorok, tentunya lo jg sama, hehe. Lo ada blog jg toh? Gw baca2 dulu ah

    @bram: betul bram, maka dari itu gw masukin di tips yg ke 3, busungkan dada, dan percaya diri ga bakal menjauh dari lo. Si aqsa mah ga da papanya, dibanding Reyes maksudnya, hahaha

    @arie: kenalin ke gw ya klo ada kasus seperti lo itu.

    @bimo: eh, klo blog lo mo terkenal masukin di priyadi.net aja, jgn ke sini, bisa nunggu sebulan baru beken lo. But, gpp, link lo dah gw perbaiki kok (*mo terkenal kok ngasih link aj salah, dasar katro!*) Hehe, bcanda bro


  8. Ok deh Do.


  9. serius ternyata blog na
    arrgghh… salam kenal kk
    awa dah jarang blogging lage..

    btw, nick dotanya saha kk?


  10. aduh, g ngerti deh paragraf pertama maksudnya apa.. ;p


  11. ayolah do, kita buktikan kalo elo sama tukang komentarlo lebih skill…


  12. @ediablo: nyante kk…

    @amudi: tukang komen gw bisanya maen karambol, hehe


  13. wkkwwk kocak gokil nih blog loe,wa juga lagi mo belajar nge blog neh bosen nge bokep molo he he wa tungguin deh posyingan loe ha ha fans ne ceritanya wkwkwkw nice 2 meet u


  14. @zipzoner
    [TK] :
    wah, koleksi lo byk ga neh? Bolehlah kita tukeran. Mi**bi dah ampe season brp lo?
    Kalian ngomongin apa ini? mibabi?


  15. Kalo ingin berlatih main bilyar coba kunjungi disini :

    http://www.yantisandra.com

    ngga kan nyesal dech….

    hehehehehe


  16. mantap dan saya suka cara nulisnya…
    salam kenal yah


  17. klo aku main mah cuek aja, emang nggak bisa ko, cuma buat seru2an aja, so klo ga bisa yah gapapa, nggak pake tips2an.

    ————————————

    Silakan kunjungi -> PERTAMINA



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: