h1

Perbanyak Cabang Perkuat Pusat

June 23, 2007

@12.03 siang

Udah dari sebulan yg lalu cabang Circle K di dekat kafe Halaman beroperasi. Sebenarnya ini bukan hal yg luar biasa. Dan juga ga penting buat gw. Ya iyalah, mahasiswa kayak gw mending belanja di pasar kambing daripada Circle K.

Ganjil adanya karena Circle K ini sangat berdekatan dengan cabang Circle K yg lain. Ada 2 cabang yg dekat yaitu di Simpang Dago, dan Dayang Sumbi. Untuk melihat seberapa dekatnya, coba liat peta di bawah.

Nah, itu yg tanda X merah menandakan titik-titik sentral untuk rencana penyergapan tim Elang. Tim Monyet akan mulai bergerak begitu ada kode dari tim Anjing. Trus hubungannya dgn Circle K apa? Ga ada lah, emang Circle K tempat penangkaran hewan apa.

Tanda X merah itu jelas adalah posisi cabang Circle K. Perhatiin. Jarak antar cabang sangat berdekatan. Agak aneh memang. Biasanya, pihak franchisor (dalam hal ini pihak Circle K) akan membantu franchisee dalam menentukan tempat pendirian cabang. Apa kira-kira yg menjadi alasan mereka? Klo menurut gw, strategi semacam ini akan menimbulkan persaingan sesama franchisee dalam merebut target pasar yg kurang lebih sama. Coba liat Alfamart ato Indomaret. Jarak antar cabang berjauhan, tidak saling tindih.

Ataukah mungkin ini suatu strategi bisnis revolusioner abad 22? Perbanyak cabang, perkuat pusat??? Hahaha, jadi ingat tips bodoh dari forum internal ITB. Tips mencari ce/co: perbanyak cabang, perkuat pusat. Hahaha, ancur ancur. Tapi, boleh jg tipsnya.
[TK] :Gw jg sepakat.

5 comments

  1. Mungkin karena emg daerah Dago dkk dianggap yg paling rame massanya Do. Jd ga rugi juga kalo buka byk cabang, krn toh pasti bakal ada aja konsumen dateng. Hehe, sotoy. Gak ngerti tips mencari ce/co nya. Pusat itu siapa tho?


  2. haiyah..berbahaya bgt byk cabang kuatin pusat…busyett


  3. pertama2 di bandung, saya agak heran melihat anak muda sini nongkrongnya di depan circle k. mereka beli bir, buka botol, trus jongkok rame2 di depan toko. aneh!


  4. @dibon
    Ya, emang Dago itu potensial. Tapi, apa ga kebanyakan tuh? Ato mereka mo menambah t4 nongkrong anak2 muda bdg seperti yg dibilang ikram?

    @fitrasani
    Kalo bisa dikelola dengan baik sih ga berbahaya kok, haha

    @ikram
    Ya gitulah. Tau ga, temen gw pernah dipalak di depan circle k ama anak2 muda yg lagi mabuk2 ga jelas. Kasian


  5. mungkin pemilik circle k nya menganut prinsip perbanyak cabang, perkuat pusat dalam mencari pasangan.. jadi ada hubungannya kan..😕



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: